Cerita Kuliah | Tanggal 20 - 12 - 2013

Diposting oleh Unknown Sabtu, 21 Desember 2013


Cerita Kuliah | Tanggal 20 - 12 - 2013


Assalamu’alaikum ..
Selamat datang di pertemuan ke 13 ..
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar Input Scope. Input Scope itu adalah format keyboard yang akan muncul ketika kita memilih atau mengetikkan sesuatu di keyboard.
Input scope adalah keyboard atau format keyboard yang akan muncul ketika kita memilih atau ingin mengetikkan sesuatu pada sebuah textbox. Secara default, ketika kita memfokuskan pointer pada textbox, maka akan tampil keyboard dalam bentuk qwerty secara default. Tetapi, sebenarnya windows phone sendiri menyediakan fungsi fungsi untuk menampilkan keyboard sesuai dengan yang kita inginkan. Contoh, kita ingin langsung menampilkan keyboard dalam format angka, maka keyboard tersebut akan langsung menampilkan input scope dalam bentuk angka. Dan begitu juga dengan textbox untuk menginputkan email, yang tentunya terdapat tombol @ dan tombol .com secara otomatis pada keyboard. Itulah yang di maksud dengan input scope.
Jadi, saat kita membuat suatu aplikasi, kita dapat menentukan input scope seperti apa yang akan kita gunakan. Jangan sampai salah, saat kita membuat textbox dengan input nama, tetapi yang tampil malah sebuah input scope number, tentunya aplikasi tersebut tidak akan sesuai. Dan tentu juga dengan input scope ini, akan meningkatkan user experience. Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai input scope. Dan sekarang langsung saja kita praktekkan cara menggunakan input scope tersebut .


Misalnya klik di “Name” secara default keyboard querty itu adalah seperti gambar yang ada di bawah ini :


Tetapi Windows Phone ini juga sudah menyediakan fungsi-fungsi untuk Input Scope yang kita inginkan.
Berikutnya kita coba klik pada “Email”, keyboard pada email agak berbeda, perhatikan gambar, ada “@” dan “.com”.


Kemudian klik pada “Phone” otomatis langsung number: 1 2 3. Jadi dengan Input Scope ini akan meningkat user experiencenya.
Langsung ke Visual Studionya. Drag & Drop 3 textblock dan textbox seperti template contoh yang ada di gambar.



Dan ketikkan contoh coding sesuai pada gambar. Pada textbox Email saya beri tanda dengan lingkaran warna kuning dan pada textbox Phone dengan lingkaran warna biru.


Selanjutnya silahkan jalankan emulatornya.


Cukup sekian laporan postingan pertemuan kali ini ..
Semoga postingan ini bermanfaat dan semoga berhasil~
Terima kasih~
Wassalamu’alaikum wr.wb

0 komentar

Posting Komentar