Cerita Kuliah | Tanggal 25 – 10 – 2013

Diposting oleh Unknown

Cerita Kuliah   |    Tanggal 25 – 10 – 2013


Pada sesi pembelajaran windows phone kali ini kita akan mempelajari tentang Date And Time, Date And Time adalah pemberi waktu bila kita untuk melihat kapan waktu kita mengirim pesan ataupun comment yang terdapat dibeberapa app social media seperti Facebook,Twitter, dan lain-lainnya yang sejenis. Pada pembelajaran kali ini kita juga akan membuat sebuah class, apa itu class?

Kelas merupakan inti dari pemrograman Java karena Java adalah bahasa pemrograman yang mendukung dan mengimplementasikan konsep pemrograman berorientasi objek sepenuhnya. Setiap program Java merupakan kelas, sehingga setiap konsep atau kasus pemrograman yang akan diimplementasikan dengan Java harus dibungkus ke dalam sebuah kelas.

Kelas dapat didefinisikan sebagai cetak biru (blueprint) atau prototype/kerangka yang mendefinisikan variabel-variabel (data) dan method-method (perilaku) umum dari sebuah objek tertentu. Sebagai contoh, kita ambil objek Mahasiswa. Mahasiswa memiliki data seperti nim, nama, alamat, IPK, jenis kelamin, jurusan, dan sebagainya. Selain data atau ciri-ciri fisik tersebut, mahasiswa juga memiliki perilaku-perilaku spesifik yang dapat membedakan antara mahasiswa yang satu dengan yang lainnya, seperti cara presentasi, cara belajar, cara mengerjakan tugas dan sebagainya.

Oleh karena itu langsung saja ke app windows phone, buka windows phone anda setelah itu kita coba beri nama DateAndTime dan jangan lupa pilih C# serta windows phone app setelah itu klik ok, tunggu beberapa saat lalu pilih OS 7.1, selanjutnya kita pilih menu Button dan TextBlock seperti biasa button dan textblock kita beri nama dan inisialisasi untuk button kita beri nama showTimeBt dan textblock kita beri nama timeTextBlock, jangan lupa untuk mengubah TextWrapping menjadi Wrap, lalu klik 2 kali pada menu  button,


 lalu akan masuk ketampilan MainPage.xaml.cs dan kita akan menulis beberapa script :
DateTime ShowTimeBt = DateTime.Now;
            TimeTextBlock.Text = ShowTime.ToString();

setelah itu, maka tampilannya seperti ini :
Script kedua :

DateTime ShowTimeBt = DateTime.Now;
//TimeTextBlock.Text = ShowTime.ToString();
TimeTextBlock.Text = String.Format("Date{0}, Time{1}", ShowTimeBt.ToShortDateString(),      ShowTimeBt.ToShortTimeString());


maka tampilannya seperti ini :

Kita coba dengan mengubah beberapa script :
DateTime ShowTimeBt = DateTime.Now;
//TimeTextBlock.Text = ShowTime.ToString();
//TimeTextBlock.Text = String.Format("Date{0}, Time{1}", ShowTimeBt.ToShortDateString(), ShowTimeBt.ToShortTimeString());

TimeTextBlock.Text = String.Format("Date{0}, Time{1}", ShowTimeBt.ToShortDateString(), ShowTimeBt.ToShortTimeString());

Sekarang kita coba memasukkan hari dan ini scriptnya :
public MainPage()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void ShowTime_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
        {
            DateTime ShowTimeBt = DateTime.Now;
//TimeTextBlock.Text = ShowTime.ToString();
//TimeTextBlock.Text = String.Format("Date{0}, Time{1}", ShowTimeBt.ToShortDateString(), ShowTimeBt.ToShortTimeString());
//TimeTextBlock.Text = String.Format("Date{0}, Time{1}", ShowTimeBt.ToShortDateString(), ShowTimeBt.ToShortTimeString());

TimeTextBlock.Text = DateTime.Now.AddDays(5).ToString();



Ini beberapa script untuk dicoba serta kegunaannya seperti apa (pada tulisan berwarna hijau):
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
using System.Globalization;

namespace DateAndTime
{
    public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
    {
        // Constructor
        public MainPage()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void ShowTime_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
        {
            DateTime ShowTimeBt = DateTime.Now;
//TimeTextBlock.Text = ShowTime.ToString();
//TimeTextBlock.Text = String.Format("Date{0}, Time{1}", ShowTimeBt.ToShortDateString(), ShowTimeBt.ToShortTimeString());
//TimeTextBlock.Text = String.Format("Date{0}, Time{1}", ShowTimeBt.ToShortDateString(), ShowTimeBt.ToShortTimeString());

//TimeTextBlock.Text = DateTime.Now.AddDays(5).ToString();
//TimeTextBlock.Text = DateTime.Now.AddDays(5).ToString();

//TimeTextBlock.Text = DateTime.Now.Month.ToString();

//CultureInfo cultureinfo = new CultureInfo("id-ID");
//TimeTextBlock.Text = ShowTimeBt.ToString("dddd, dd MMMM yyyy hh:mm:ss", cultureinfo);

            DateTime = myBirthday = new DateTime(1993, 11, 28);
            TimeSpan timespan = DateTime.Now.Subtract(myBirthday);
            TimeTextBlock.Text = String.Format("{0} hari {1} jam {2} detik", timespan.Days, timespan.Hours, timespan.Seconds);
        }
    }
}








Selanjutnya kita akan  mempelajari tentang class dan akan berhubungan OOP (Object Oriented) :
1.     1. Class, Object, Method, dan Attribute 
2.     2. How to create class
3.     3. Add variable/property
4.     4. Create method in new class
5.     5. How to make instance of class
6.     6. How to use class as data type

Konsep dasar pemrograman berorientasi objek :
·         a. Class adalah konsep dan deskripsi dari sesuatu
·        b. Object adalah instance dari class

Contoh :Class à mobil
            Object à mobil saya, mobil dia
Class seperti cetakan kue, dimana kue yang dihasilkan dari cetakan kue itu adalah object
Warna kue bisa bermacam-macam  meskipun berasal dari cetakan yang sama (object memiliki sifat   independen) 
Attribute (state) : ban, stir, pedal rem, pedal gas, warna, tahun produksi
Behavior : cara menghidupkan mesin, menjalankan, dan memundurkan  mobil

Attribute
·         Variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object
·         Name, age, dan weight adalah attribute dari class person

Misalnya :        Attribute à variable (member)
Behavior à method (fungsi)
Attribute : topi, baju, jaket, tas punggung, tangan, kaki, mata
Behavior : cara jalan kedepan, belakang, belok kiri dan kanan, cara memanjat










mungkin itu saja untuk pembelajaran kali ini, nanti kita akan mempelajari tentang windows phone di pembelajaran selanjutnya..








Cerita Kuliah | Tanggal 18 - 10 -2013

Diposting oleh Unknown

Cerita Kuliah   |   Tanggal 18 - 10 -2013


Hari ini kita akan mempelajari tentang bagaimana membuat sebuah method di windows phone dengan dan kita saya akan memulainya dengan membahas create and calling simple method, sebelum kita melanjutkan ke project saya akan memberitahu manfaat apa saja bila kita membuat method dalam programming, ada 3 manfaat yaitu :
a.       a. Tidak menuliskan kode yang sama 2 kali
b.      b. Mengurangi jumlah kode
c.       c. Sangat mudah apabila melakukan perbaikan kode (bila program terdapat bugs)
Tujuannya adalah :
a.      a.  Membuat method
b.      b. Memanggil method
c.       c. Mengirimkan parameter ketika memanggil method
Selanjutnya kita langsung saja buka windows phone, lalu kita beri nama project dengan SimpleHelperMethod dan kita pilih type visual c# pada project windows phone app dan klik ok. Setelah pilih os 7.1 tunggu beberapa menit, 

kita pilih toolbox masukkan button dan textblock drag ke arah element, seperti biasa kita beri inisialisasi dan beri nama pada button maupun textblock.





















Pada button kita beri inisialisasi “ clickmeButton” dan textblock “myTextBlock” , selanjutnya kita klik 2 kali pada button dan kita akan langsung masuk ke MainPage.xaml umtuk memberi script koding dengan method. Lalu coba kiata ketikkan :

1.                                                myTextBlock.text = supersecretformula();
kita coba ketikan juga :  return “Hello world” ;


perlu diketahui bagian 1 sama dengan : myTextBlock .text  = “Hello world” ; dengan gunanya agar kita tidak mengulangi terlalu banyak apabila terdapat 2 button tetapi dengan koding yang sama. Untuk pembuktian kita coba buat button 2 seperti biasa kita beri inisialisasi dan nama sesuai keinginan selanjutnya kita akan memberi method itu dengan parameter string kita coba kita ketik seperti gambar dibawah ini

Setelah itu kita coba ketik seperti gambar dibawah ini

Koding diatas menunjukkan untuk membedakan yang mana string dan integer apabila kita ingin angka maka kita harus memanggil integer begitu pun sebaliknya seperti contoh diatas
private void clickmeButton_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
        {
            MyTextBlock.Text = superSecretFormula("Ridho", 7);
        }
        private string superSecretFormula(string myName, int newValue)
        {
            return string.Format("Hello World, {0}, {1}", myName, newValue);
        }
        private void clickme2Button_Click_1(object sender, RoutedEventArgs e)
        {
            MyTextBlock.Text = superSecretFormula("Novdian", 11);

Maka tampilannya akan seperti ini bila kita klik yang sebelah kiri maka akan muncul tulisan “ Hello worrld, ridho, 7” apabila kita klik yang kanan maka akan timbul tulisan seperti ini “Hello world, novdian, 11” seperti koding yang kita masukkan

 

Setelah kita akan membahas tentang method kita akan belajar bagaimana membuat string dalam WorkingWithString seperti biasanya kita buka windows phone app dan pilih c# klik ok, pilih os 7.1 


pilih toolbox button dan textblock seperti biasa kita beri nama serta inisialisasi pada button maupun textblock,  jangan lupa untuk mengubah textblock dalam text wrapping dan kita pilih wrap untuk memberikan enter secara otomatis jadi tidak perlu susah dengan menekan enter secara manual karena text wrapping dapat secara otomatis langsung memberi enter pada bagian yang ingin diberi jarak. 




Selanjutnya kita klik 2 kali pada menu button dan kita coba ketikan coding seperti dibawah ini







private void clickmeButton_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
  {
      //string myString = "Go To Your c:\\ drive";
     //string myString = "Hello World \"Ridho\", how r u?";
    //string myString = " i want to \n new line";


    //string myString = String.Format("Make: {0} Model: {1}", "BMW", "1234567890");
            string myString = String.Format("{0:C}", 1234567890);
            MyTextBlock.Text = myString;
        }


Kita coba pada koding yang berwarna hijau kita ketik dan dilanjutkan seterusnya sampai bagian  
         string myString = String.Format("{0:C}", 1234567890);

koding tersebut akan membuat tampilan di windows phone seperti ini bila kita klik bagian button tulisannya “$1,234,567,890.00


Cerita Kuliah | Tanggal 11 – 10 – 2013

Diposting oleh Unknown

Cerita Kuli-ah part 1  |   Tanggal 11 – 10 – 2013


Pada hari ini kita akan mempelajari tentang Accepting Input didalam aplikasi windows phone. Apabila kita akan mengetik dalam inputan program atau aplikasi windows phone akan muncul seperti kata sugesti untuk mempermudah pencarian kata, langsung saja kita buka windows phone app setelah terbuka pilih C# lalu pilih windows phone app seperti  biasa dan diberi nama Accepting Input dan browse tempatkan di folder manapun yang anda mau simpan projectnya lalu klik oke tunggu beberapa saat dan tampil 3 elemen cari toolbox pilih dan drag button, text block, dan text box. Selanjutnya kita beri nama dan dan identitas di properties pilih button dan beri nama Click Me dan identitas ClickMeBT sama dengan yang lainnya kita beri nama dan identitas juga pada textblock dan textbox. Kalau textblock saya beri nama TextTB dan textbox diberi nama TextTBX itu sesuai keinginan anda supaya mempermudah didalam mencari apa nama menu bila sedang dalam pengerjaan ada yang salah. Selanjutnya klik button dua kali dan akan langsung masuk ke dalam MainPage.xaml

Di dalam toolbox yang sudah tersedia kita drag menu button dan text block untuk memberi text tapi bukan inputan text lalu pilih button lalu cari menu bar properties kita cari  file name untuk memberi identitas dan text untuk memberi comment nama pada button kita beri identitas nama dengan ClickMeBT textnya Click Me untuk lebih jelasnya kita lihat  dibawah ini;

1.      1. Kita pilih kotak Button lalu didalam menu Properties terdapat Name sebagai identitas seperti gambar diatas    yang telah diberi tanda kita beri nama “ClickMeBT” dan bagian Content kita beri nama “Click Me”.
2.   2. Kita pilih kotak TextBlock lalu didalam menu Properties terdapat Name sebagai identitas seperti gambar      diatas yang telah diberi tanda kita beri nama “MyTextBlock” dan bagian Content kita hapus saja.
3.  3. Kita pilih kotak TextBox lalu didalam menu Properties terdapat Name sebagai identitas seperti gambar      diatas yang telah diberi tanda kita beri nama “MyTextBox” dan bagian Content kita hapus saja.
Selanjutnya klik dua kali pada Button maka, akan muncul tampilan seperti ini

Seperti gambar diatas adalah tampilan MainPage.xml, kita lihat diatas ada bagian yang ditandai warna kuning kita masukan beberapa script untuk memberi perintah pada Button seperti gambar dibawah ini

Masukkan script berikut ini :
String newValue;
newValue = MyTextBox.Text;
MyTextBlock.Text = “You Typed” + newValue;
Setelah itu klik tanda panah yang berwarna hijau dan pilih emulator yang diinginkan, maka tampilannya akan seperti dibawah ini, lalu coba ketikan kata apa saja dibagian inputan apakah kata tersebut tampil atau tidak.

Apabila program tidak mengalami error, kita lanjutkan percobaan dengan mengedit atau menambahkan beberapa script pada MainPage.xaml, tapi sebelum itu kita coba pindahkan menu button seperti gambar dibawah ini

Pindahkan Menu Button “Click Me”, kebawah untuk menampilkan inputannya saja

Setelah itu pilih element properties dan klik event lalu pilih TextChanged beri/pilih MyTextBox ketikan script ini didalam element MainPage.xaml, lalu setelah itu coba debbug/run program